Rancangan Pengembangan Media Komik Berbasis Budaya Lahat dengan Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Nurlina Nurlina Universitas Sriwijaya
  • Siti Dewi Maharani Universitas Sriwijaya
  • Joseph Barus Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.761

Keywords:

canva, media komik, budaya lahat, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perencanaan pengembangan media komik berbasis budaya Lahat menggunakan aplikasi Canva sebagai alat bantu pembelajaran di kelas II Sekolah Dasar. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan minat membaca dan penguasaan kosakata siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi model Alessi dan Trollip (2001), yang terdiri dari tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Lokasi penelitian adalah di Sekolah Dasar Negeri 9 Pseksu, yang terletak di Desa Lubuk Tube, Kecamatan Pseksu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Sarana dan prasarana yang terbatas serta lokasi sekolah yang jauh dari pusat kota menjadikan sekolah ini sebagai tempat yang ideal untuk pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini melibatkan 28 peserta didik, 2 guru, serta sejumlah ahli, termasuk 3 ahli media, 3 ahli bahasa, dan 1 ahli materi dengan menghasilkan instrument dan angket yang sesuai dengan indicator pengembangan media komik berbasis budaya lahat. Hasil penelitian telah menghasilkan perancangan yang baik dalam mengembangkan media komik yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat diterapkan lebih luas di sekolah dasar lainnya, khususnya di daerah pedesaan.

References

Admadja, I. P., & Marpanaji, E. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa Smk Di Bidang Keahlian Karawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 173. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V6i2.8107

Assaidah, I., Mulyasari, E., & Heryanto, D. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 8(1).

Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., & Patty, E. N. S. (2024). Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa. J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2). Https://Doi.Org/10.25157/J-Kip.V5i2.14697

Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif (Model Integrasi Mata Pelajaran Umum Sd/Mi Dengan Nilai Agama). 5(2).

Lili Kasmini, Haris Munandar, & Herda Linda. (2020). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Vi B Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1), 34–49. Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V7i1.974

Nuraini, L. (2019). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). Https://Doi.Org/10.21043/Jpm.V1i2.4873

Pribowo, F. S. P. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif Pada Tes Uraian Dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139–148. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V4i2.2649

Rahmanto, P., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas Vii. 1.

Ratri, M. A., & Atmojo, S. E. (2024). Urgensi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Di Indonesia. Wawasan Pendidikan, 4(1), 266–278. Https://Doi.Org/10.26877/Wp.V4i1.16882

Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. Https://Doi.Org/10.46576/Wdw.V18i1.4266

Siti Anisah, A., & Holis, A. (2020). Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Uniga, 14(2), 318. Https://Doi.Org/10.52434/Jp.V14i2.1005

Suhardi, I., & Mappeasse, M. Y. (2022). Efektivitas Media Elektronik Komik Digital Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. 6.

Wahyuni, S., Mujiyanto, J., Rukmini, D., & Fitriati, S. W. (2020). Teachers’ Technology Integration Into English Instructions: Samr Model. Proceedings Of The International Conference On Science And Education And Technology (Iset 2019). International Conference On Science And Education And Technology (Iset 2019), Kota Semarang, Indonesia. Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.200620.109

Yudiana, K., Putri, N. N. C. A., & Antara, I. G. W. S. (2023). Kesenjangan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Di Daerah Perkotaan, Pinggiran Kota, Dan Pedesaan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 540–547. Https://Doi.Org/10.23887/Jppp.V7i3.69790

Yusuf, M. (2022). Kompetensi Guru Di Abad 21 Dan Tantangan Bagi Guru Membentuk Konsep Pembelajaran Abad 21 [Preprint]. Thesis Commons. Https://Doi.Org/10.31237/Osf.Io/Nwamf

Downloads

Published

2024-10-17

How to Cite

Nurlina, N., Maharani, S. D., & Barus, J. (2024). Rancangan Pengembangan Media Komik Berbasis Budaya Lahat dengan Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pembelajaran di Kelas II Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1353–1363. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.761