Efektivitas Penggunaan Media Game Digital Wordwall dalam Pembelajaran IPAS Sub Tema: Kekayaan Hayati Flora dan Fauna Kelas 5 di SDN 89 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.846Keywords:
games digital, media pembelajaran, wordwall, flora dan faunaAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat apakah media pembelajaran wordwall memiliki dampak terhadap semangat dan pengetahuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan one-group pre-test dan post-test, yakni memberlakukan uji paired sample t test, yang mana uji ini dilakukan pada satu grup tetapi dengan dua kali test yakni pre-test dan post-test dengan berbeda waktu pelaksanaanya yakni di awal dan di akhir. Seluruh siswa kelas VA SDN 89 Palembang dengan berjumlah 29 peserta didik sebagai sampel. Uji tes kemampuan siswa menunjukan skor nilai rata-rata siswa lebih meningkat di kelas eskperimen dibanding kelas kontrol, mengindikasikan bahwa kelas yang menggunakan media Wordwall dalam skema kelas eksperimen menunjukkan efektivitas yang cukup tinggi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebaliknya, kelas yang menggunakan metode pembelajaran tradisional dengan buku cetak dinilai kurang efektif dalam mendorong minat belajar siswa. Hasil penelitian pada kuisioner juga menunjukan bahwa peserta didik lebih menyukai belajar dengan media games digital, dibanding buku paket, karena visualisasi lebih jelas dan menarik.
References
Andriani, A. (2023). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas X Di MAS YMPI Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2022/2023. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1328
Christianto, H., Lestarani, D., & Lalang, A. C. (2023). Pelatihan Pembuatan Instrumen Soal Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Wordwall bagi Guru-Guru Kimia se-NTT Training on Making Question Instruments Using the Quizizz and Wordwall Applications for Chemistry Teachers throughout NTT. Dalam Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia (Vol. 2, Nomor 1). https://doi.org/https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.706
Dewi Kurnia, M., Nisa Febianti, Y., Bahasa Indonesia, P., Ekonomi, P., & Pendidikan dan Sains, F. (2024). Media pembelajaran interaktif word wall terhadap hasil belajar siswa pada materi etika profesi kelas x akuntansi smk pariwisata kosgoro kota cirebon. jurnal visi ilmu pendidikan, 16(Media Pembelajaran, Wordwall, Hasil Belajar). https://doi.org/10.26418/jvip.v16i3.60192
Etira Nabila, D., Ariani, Y., Kunci, K., Asuh, P., Tua, O., & Baca, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Web Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 6(2). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/issue/view/403
Galang Isnawan, M. (2020). Kuasi- Eksperimen. https://www.researchgate.net/publication/339040496
Hardini, T. (2015). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pkn melalui metode sosiodrama di kelas 5 sd tlompakan 01-tuntang. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p120-135
Maulidina Minarta, S., & Purwa Pamungkas, H. (2022). Efektivitas media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar (Vol. 2). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT:Jurnal ilmu-ilmu Alquran, hadist,syari’ah dan tarbiyah, 03, 171. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i3.1328
Wajdi, F., Lawi, A., Yulaini, E., Husnah Mustika Sari, N., Nurhaningsih Santoso, T., Prihatin, E., Rachmatika, F., Ardiansyah Hernadi, N., Faridh Ricky Fahmy, A., & Apriyanti, E. (2024). PENGANTAR PENDIDIKAN ABAD 21 (Evi Damayanti, Ed.). Penerbit Widina Media Utama. www.freepik.com
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa smk yadika bandar lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 1(2), 17–22. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Prensky, M. (2001). Do They Really Think Differently? (Vol. 9, Nomor 6). NCB University Press. http://www.marcprensky.com/writing/default.asp
Trisnadoli, A., & Lestari, I. (2018). Analysis of Software Quality Requirements for Mobile Learning Application for High School. International Journal of Computer Theory and Engineering, 10(3), 73–76. https://doi.org/10.7763/IJCTE.2018.V10.1202
Yusni Arni, O. (2023). Efektivitas pembelajaran melalui media cerita bergambar dan diskusi terhadap pemahaman materi siswa sekolah dasar. Dalam Online) Journal of Educational and Language Research (Vol. 2, Nomor 11). https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v2i11.5976
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
Zulkarnain, I., Pramono, H., & Mushafanah2, Q. (2021). Analisis Penggunaan Media Wordwall Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Supriyadi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 13358–13367. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.