Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di SMPN 5 Kota Bima

Authors

  • Ade Yustina Wardani Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nggusuwaru, Kota Bima, Indonesia
  • Nasution Nasution Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nggusuwaru, Kota Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53299/diksi.v5i2.1138

Keywords:

Game Online, Perilaku Sosial Siswa, Lingkungan SMP

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh game online yang membuat siswa kecanduan dalam bermain game online, motivasi belajar siswa menurun, dan siswa menjadi kurang disiplin terhadap waktu, serta siswa tidak mempedulikan lingkungan disekitar mereka hanya  mempedulikan teman yang ada didunia maya game online. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Informannya adalah siswa, guru BK, orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak kecanduan game online terhadap perilaku sosial siswa di SMPN 5 Kota bima berdampak positif yaitu siswa memiliki banyak teman, melatih kosa kata atau pengucapan bahasa dan dampak negatifnya yaitu motivasi belajar siswa menurun, membuat anak kurang waktu untuk belajar, makan, tidur. Sehingga upaya yang dilakukan yaitu melalui bimbingan orang tua dan guru dengan memberikan nasehat kepada anak, melakukan razia handphone oleh guru dan memeriksa sosial media yang digunakan bekerjasama dengan orang tua siswa.

References

Ahmadi, Abu dkk. 2013. Metode Penelitian. Bumi Aksara. Jakarta

Dica, Freprinca. (2017). Hubungan Motivasi Bermain Online Pada Masa Dewasa Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game online defence of the ancients (dotA2), http://psikologi.ui.ac.id , (diakses 29 januari 2020).

Eryzal Novrialdy, Kecanduan Game Online pada Remaja, Jurnal Psikologi, Vol. 27, No. 2, Tahun 2019, 151

Henry, Samuel. 2010. Cerdas Dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth B..2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga.

Istiqomah Kholifah, skripsi:”Dampak Game Pada Kepribadian PerilakuSosial Anak”(Semarang: UIN, 2016)

Imansa, Iki. “Macam-macam Jenis Game Online”. http://imansaiki.blogspot.co.id , diakses 29 januari 2020.

Lestari Ayu, Sosial dan Konsep Diri dengan Kecanduan Games Online pada

Dewasa Awal, Jurnal interaksi, Vol. 5, No. 2 Tahun 2016, 20

Lexy.Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT, Remaja Rosdakarya Offset, 2012).

Munib, A., Budiyono, & Suryono, S. 2015. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Muslimah 2015. Penanaman Nilai Tanggung Jawab (Mengembangkan Rasa Berkuasa dan Membantu Mengambil Keputusan). Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yusuf, Syamsu. 2000 S/D 2011. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Ade Yustina Wardani, & Nasution, N. (2024). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di SMPN 5 Kota Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 5(2), 53–61. https://doi.org/10.53299/diksi.v5i2.1138