Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa di SMAN 2 Woja

Authors

  • Nurjannah Nurjannah STKIP Yapis Dompu
  • Ndari Ndari STKIP Yapis Dompu
  • Awaludin Awaludin STKIP Yapis Dompu
  • Fizen Fizen STKIP Yapis Dompu

DOI:

https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.1071

Keywords:

Pengembangan Media, Media Genially, Minat Belajar

Abstract

Genially merupakan platform berbasis web untuk pembuatan konten multimedia dengan fitur-fitur infografis, presentasi, peta, games, dan gambar animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kevalidan, kepraktisan serta keefektifan media pembelajaran menggunakan genially pada pembelajaran sejarah di SMAN 2 Woja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Delopment (R&D) yang mengacu pada model pengembangan perangkat 4-D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thiangarajan. Dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui angket. Analisis hasil penelitian berdasarkan penilian 2 velidator menunjukan bahwa media pembelajaran genially dengan presentase 93% dapat dikategorikan sangat valid artinya media pembelajaran ini layak untuk digunakan.  Adapun hasil dari kepraktisan oleh ahli praktisi media pembelajaran menggunakan genially dengan presentase 91% dikategorikan sangat praktis. Sedangkan analisi hasil dari nilai keefektifan berdasarkan soal tes yang telah dijawab oleh siswa menggunakan media genially, maka diperoleh nilai rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, pengembengan media pembelajaran berbasis genially pada pembelajaran sejarah siswa SMAN 2 Woja dapat dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelaran.

References

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning: Methods and Development (3rd ed.). Pearson.

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). Wiley.

Elsabela, E., & Hudaidah, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan genially materi Candi Bumiayu pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 1 Palembang.

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi bilangan pangkat dan akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101–109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150

Fadilah, A. N., Program, H. K., Pendidikan, S., & Perkantoran, A. (2023). Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pengembangan media pembelajaran berbasis Genially. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v8i2

Fatma, N., & Ichsan. (2022). Penerapan media pembelajaran Genially untuk meningkatkan hasil belajar IPA di SD Muhammadiyah. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.47766/ga.v3i2.955

Hariyono. (1995). Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Ni’mah, K. N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui media Genially dalam pembelajaran daring Bahasa Indonesia pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Nurjannah, Khatimah, H., & Andryani, N. (2023). Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 3 Dompu. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan (JKPPK), 1(1).

Nursyam, A., Muhammadiyah Bone Biru, S., Riattang, T., Bone, K., Selatan, S., & Penulis, K. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Retrieved from http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose

Safitri, A., Asrafiani Arafah, A., Diana Septika, H., Makmun, M., Hidayat, T., & Sukriadi, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator terintegrasi Genially pada materi penjumlahan bilangan cacah kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(4), 889–896. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.1972

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suryani, N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Talizaro, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Downloads

Published

2025-01-02

How to Cite

Nurjannah, N., Ndari, N., Awaludin, A., & Fizen, F. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa di SMAN 2 Woja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 290–298. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.1071